Kamis, 25 Februari 2016

✿ Jembatan Layang ‘Kelok Sembilan’ Nan Indah Mempesona.




























[Galeri Gambar]
Jembatan Layang ‘Kelok Sembilan’ Nan Indah Mempesona.

Kelok Sambilan (yang artinya belokan jalan yang jumlahnya sembilan buah) adalah salah satu kelok jalan yang terkenal di Sumatera Barat. Selain Kelok Sambilan, ada lagi Kelok Ampek Puluh Ampek (Kelok 44) di sekitar Danau Maninjau, Kabupaten Agam.

Jalur Kelok Sambilan adalah jalur lalu lintas yang penting, sebab ia menghubungkan daerah Riau dengan Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dari Pekanbaru ke Padang pasti melewati Kelok 9 ini, begitu juga dari Sibolga (Sumatera Utara) ke daerah Riau juga melewati Kelok 9. Pengalaman saya dulu, kalau bepergian dari Pekanbaru hendak pulang ke Padang atau Bukittinggi selalu melewati Kelok 9. Jalur Kelok 9 cukup membuat perut teraduk-aduk karena tikungannya yang tajam dan banyak.

Jembatan yang memiliki panjang mencapai 943 meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 meter telah dipasang rambu–rambu dan sudah lolos uji kelayakan, serta penambahan road safety seperti penghijauan di tebing-tebing.

Jembatan Kelok 9 adalah jembatan yang menghubungkan Payakumbuh, Sumatera Barat, dengan Pekanbaru, Riau, tepatnya di Km 143 hingga Km 148 dari Padang. Sebelum ini, Jalan Kelok 9 tidak dapat dilalui oleh truk gandeng ataupun trailer karena radius tikungan lebih kecil dari 40 meter dan lebar pengerasan hanya 5 meter. Jalan Kelok 9 memiliki lalu lintas rata-rata 7.900 kendaraan per hari.

Jembatan Kelok 9 merupakan jembatan yang dibangun dan menghubungkan antar-lembah ini terletak di kawasan hutan suaka alam dengan panjang total jembatan 943 meter dan jalan penghubungnya sepanjang 2.089 meter. Dinamai Kelok Sembilan karena jalanan di daerah itu memiliki 9 belokan atau kelokan. Ruas jalannya sendiri tampak zig-zag menuruni lereng bukit di mana telah dibangun sejak zaman Hindia Belanda (1908-1914).

Jembatan Kelok 9 dibangun karena sebelumnya kondisi jalan di tempat tersebut sempit berkelok-kelok sehingga kendaraan besar harus berhenti dan bergantian melaluinya. Dengan hadirnya jembatan ini membuat jalur transportasi antar-daerah bahkan antar provinsi semakin lancar. Hal yang membanggakan, jembatan yang indah dan memesona ini merupakan karya anak bangsa dengan menggunakan konsep green construction serta memanfaatkan produksi dalam negeri. Jembatan Kelok 9 dibangun 2011 dan selesai pada 2013.

Kelok 9 atau Kelok Sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam : Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.




Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.




★ Labels Posting :

★ Air Terjun ★ Air Terjun Grojokan Sewu ★ Alat Pembuka Buah Durian ★ Ambon ★ Bakso ★ Bakso Klenger ★ Bakso Seberat 3 kg ★ Buah Durian ★ Buah Pisang ★ Bunga ★ Bunga Keladi Merah ★ Cina ★ Curduroy ★ Desain ★ Durian Merah ★ Formua 1 ★ Hewan ★ Jawa Tengah ★ Jembatan ★ Jembatan Kaca ★ Jembatan Kaca Ekstrim ★ Jembatan Kelok Sembilan ★ Jembatan Merah Putih Ambon ★ Jorong Aie Putih ★ Kebun Buah Pisang ★ Kebung Pisang di Costa Rica ★ Kecamatan Haru ★ Klaten ★ Kucing ★ Kucing Bermata Paling Indah ★ Kucing Tertua di Dunia ★ Lemak Perut ★ Lima Puluh Kota ★ Mata Kucing ★ Membuang Lemak Perut ★ Pingjiang ★ Pose Hewan Tidur ★ Presiden Jokowi ★ Rio Haryanto ★ Selfie ★ Senam ★ Sleman ★ Spesialis Selfie dengan Hewan ★ Tawangmangu ★ Tempat Sholat ★ Tempat Sholat Dalam Rumah ★ Umbul Manten ★ Yogyakarta ★Nagari Sarilamak 10 Pantai Keren Afrika Selatan Air Terjun Angkot Australia Bayi Bendungan Binatang Demo Demo Sopir Taksi Desa Bebas Asap Rokok Durian Durian Asli Indonesia Hotel Jawa Timur Jembatan Tayan Jendela Menghadap Laut Jokowi Jualan Sayur Kabupaten Sanggau Kaligrafi Kaligrafi Dinding Rumah Kalimantan Barat Kamar Hotel Bawah Laut Kucing Kucing dan Bayi La Huacachina Lembah Harau Lima Lima Puluh Koto Melborne Motor Motor Sport Oase Pacitan Pantai Pantai Berpasir Pink Peru Proyek Hambalang Restoran Restoran Sangat Indah Rio Haryanto Rokok Sragen Sumatera Barat Sungai Kapuas Sungai Maron Sungai Zambesi Taksi Tingkah Laku Victoria Falls Waduk Waduk Kedung Ombo Sragen Zimbabwe
 
;